Selasa, 15 November 2016

8 Tips Ampuh Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

By: Mariana Ester
Photo: Olena Zaskochenko/Shutterstock/Click Photo

Selain menjadi idaman semua orang, belajar Bahasa Inggris memang sebuah kebutuhan di era globalisasi yang modern ini. Bayangkan saja, dengan menguasai bahasa internasional ini, kita bisa easily communicate bersama orang asing saat traveling, sekolah di luar negeri dan bahkan work abroad. Untuk itu, CG! yang totally mengerti kamu, secara khusus menyiapkan tips jitu supaya kamu bisa belajar Bahasa Inggris dengan cepat. Get ready!

1. Set Your Goal and Keep the Motivation
Untuk memulai sesuatu, tentu kamu harus memerhatikan tujuannya terlebih dahulu, karena hal inilah yang akan memotivasimu. Contohnya, kamu belajar Bahasa Inggris untuk sekolah  atau traveling ke luar negeri. Dengan tujuan semacam itu, kamu pasti akan bertahan di proses belajar ini. Fighting!
2. Jangan Malu Beri Respon in English
"OMG!", "Gosh!", "Are you sure?". Yup, gunakan kata-kata respon spontan itu saat kamu kaget, bingung, sedih maupun senang. Selain akan mendorongmu untuk lebih banyak lagi berbicara dalam Bahasa Inggris, tingkat kepercayaan dirimu Akan semakin meningkat tanpa kamu sadari. Makanya, nggak perlu malu, just be confidence!
3. Ayo, Baca Buku Bahasa Inggris!
Satu pertanyaan, apa yang bisa dilakukan rasa pede kamu kalau mulutmu nggak tahu satu kata Bahasa Inggris-pun yang ingin kamu ucapkan? Nothing, right? Oleh karena itu, perhatikan kemampuan vocabulary-mu dengan membaca buku-buku Bahasa Inggris yang seru dan sesuai seleremu. Eits, saat membaca, tandai kata-kata yang kamu nggak mengerti dan tulis terjemahannya ya! It'll be your reminder.
4. Tonton Film Hollywood Kesukaanmu Dengan Subtitle Bahasa Inggris
Memerhatikan pengucapan tiap kata Bahasa Inggris itu penting, lho! Sebagai contoh: beach dan b*tchHmm... Bahaya kan kalau salah pengucapannya? So, coba deh mulai dengan film Hollywood kesukaanmu. Cukup putar filmnya dan tonton dengan subtitle Bahasa Inggris. Dengan cara ini kamu jadi tahu how to pronounce the words. Well, ada dua perbandingan dari kata dan pengucapannya, so, it's easier.
5. Pastikan Playlist-mu Penuh dengan Lagu-lagu Barat
Nah, untuk mempertajam kemampuan listening-mu, pastikan playlist-mu didominasi dengan lagu-lagu barat yang seru. Tapi, kamu harus fokus dengan lirik-lirik lagu saat mendengarnya ya. Dengan ini kamu bisa meningkatkan kepekaan dalam memahami pengucapan kata-kata Bahasa Inggris dan artinya. And you know what? It's very enjoyable and beneficial.
6. Berani Terjun ke Komunitas Orang Asing
Dalam belajar Bahasa Inggris, kamu pun harus mengerti budaya mereka supaya kamu tahu bagaimana cara berkomunikasi yang tepat. Nggak usah susah-susah ke luar negeri, cukup join komunitas-komunitasi yang dominan dengan orang asing saja. Dari situ, kamu akan bertemu orang asing, native speakers dan dengan leluasa mempelajari budaya mereka sambil melatih speaking skills mu. Two targets in row, right?
7. Banyak Bicara dalam Bahasa Inggris
Istilah “apa gunanya memahami teori kalau kamu nggak bisa mempraktekkannya?” berlaku saat kamu belajar Bahasa Inggris. Untuk itu, latih speaking skill-mu dengan masuk ke English Club, cari teman asing, atau bicara sendiri sambil berhadapan dengan cermin. Satu lagi, coba buat blog yang mendorongmu untuk mewawancarai orang bule di Indonesia. Well, that's for a reason to say hi and talk with them. Hehehe...
8. Start Writing Your Diary in English
Sebagai penutup, ayo, mulai akhiri hari-harimu dengan menulis buku diari dalam Bahasa Inggris! Dengan ini, kamu akan fokus dengan semua teori yang sudah kamu pelajari. Kamu pun juga bisa mengkoreksi dan memberi tanda untuk perbaikan, lho!
Nah, bagaimana? Selain seru dan enjoyable, kamu bisa melakukannya dimanapun, kapanpun, dan sesuai seleramu kan? Jadi, proses belajar Bahasa Inggrismu dijamin cepat dan mudah. Yay! Good luck, girls!

http://www.cosmogirl.co.id/artikel/read/8824/8-Tips-Ampuh-Belajar-Bahasa-Inggris-dengan-Cepat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Jumlah Pengunjung