Selasa, 15 November 2016

RPP Bahasa Inggris Bab 1 Kelas 9 SMP Kurikulum 2013

 RPP Bahasa Inggris Bab 1 Kelas 9 SMP Kurikulum2013. RPP (  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dibawah ini merupakan RPP bab 1 (Chapter 1) untuk kelas 9 dan RPP ini adalah untuk pembelajaran Bahasa Inggris sesuaidengan buku pegangan peserta didik.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
CHAPTER 1
SATUAN PENDIDIKAN    : SMP NEGERI …………..
KELAS / SEMESTER          : IX / 1 (satu)
MATA PELAJARAN          : BAHASA INGGRIS
TAHUN PELAJARAN        : 2015/2016
TOPIK                                 : Hope/wish, Congratulation, (Ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi)
PERTEMUAN KE               : I
ALOKASI WAKTU            : 4 X 40’ (2 pertemuan)
  1. KOMPETENSI INTI
1.KI1Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.KI2Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.KI3Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.KI4Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat), dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

NoKompetensi DasarIndikator
11.1Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagaibahasa pengantarkomunikasiinternasional yang diwujudkan dalam semangatbelajar.1.1.1


1.1.2
Menunjukkan semangat dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
Serius dalam melaksanakan setiap kegiatanpada pembelajaran
Bahasa Inggris.

22.1





2.2


2.3   
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.


Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cintadamai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

2.1.1




2.2.1




2.3.1
Siswamemberiucapan selamat dan harapan pada orang-orang di sekitarnya dengan carayang santun dan berterima.

Siswa memberi ucapan selamat dan harapan pada orang-orang di sekitarnya dengan percaya diri dan berterima.

Siswa peduli pada orang orang  disekitarnya dengan memberi ucapan selamat dan harapan

3

3.1Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.1.1



3.1.2



Siswa mengidentifikasi ungkapan selamat dan harapan pada orang lain dan responnya.

Siswa menggunakan ungkapan selamat dan harapan pada orang lain dan responnya dengan tepat.

44.1Menyusunteks lisan dan tulis sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan harapan atau doa dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benardan sesuai konteks4.1.1




4.1.2


Siswa menggunakan ungkapan harapan dan ucapan selamat dengan benar pada situasi yang tepat.


Siswa merespon ungkapan harapan dan ucapan selamat orang lain.

  1. Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk mengucapkan (a) harapan atau doa dan (b) ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta responnya.
Fungsi Sosial      :
  • Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Struktur teks      :
  • I hope everything is fine. I hope so., dan semacamnya.
  • I got the first price of Speech Contest. Congratulations. I’m happy for you. You did it well. Thanks., dan semacamnya..
Unsur kebahasaan
  • Kosa katahope, so, Congratulations! happy for you.
  • Tata bahasa: will, can
  • Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
  • Ucapan, tekanan kata, intonasi,
  • Ejaan dan tanda baca
  • Tulisan tangan
  1. Kegiatan Pembelajaran
  2. Pertemuan 1 (2 JP)
  3. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
  • Guru mengecek kesiapan peserta didik baik secara fisik maupun psikologis (berdoa, mengecek kehadiran, dll)
  • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
  • Guru memperlihatkan gambar berisi dialog yang mengandung ungkapan harapan dan ucapan selamat
  • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan latihan – latihan dan tugas dalam pembelajaran
  1. Kegiatan Inti (65 menit)
Mengamati (20 menit)
GuruPeserta Didik
–       Menayangkan video yang berisi dialog tenang ungkapan yang dipelajari
–       Memberi teks percakapan dari vidoe dan menayangkan kembali video
–       Meminta siswa untuk bermain peran di depan kelas
Menyimak tayangan video

Menyimak kembali video dan melafalkan ungkapan dengan benar

–       Melakukan dialoq di depan kelas dan siswa yang lain mendengarkan

Menanya (15 menit)
GuruPeserta Didik
–       Membagi siswa secara berkelompok dan meminta untuk merumuskan pertanyaan dari hasil pengamatan mereka–       Berdiskusi secara kelompok dan membuat pertanyaan
Mengumpulkan informasi (20 menit)
GuruPeserta Didik
–       Meminta siswa berpasangan
–       Meminta siswa untuk membaca contohdialoq yang terdapat di buku siswa hal. 2-4 secara berpasangan
–       Meminta siswa menggunakan ungkapan congratulation dan hope/wish dengan melengkapi percakapan sesuai dengan situasi yang diberikan pada hal. 5-7
–       Mencari pasangan
–       Membaca contoh dialoq secara berpasangan dengan pelafalan dan intonasi yang benar
–       Melengkapi percakapan dengan  ungkapan yang benar sesuai dengan situasi yang diberikan
  1. Kegiatan Penutup (10 menit)
  • Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  • Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar hari itu
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  1. Pertemuan 2 (2 JP)
  2. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
  • Guru mengecek kesiapan peserta didik baik secara fisik maupun psikologis (berdoa, mengecek kehadiran dll)
  • Guru mereview kembali materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya
  • Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran pada pertemuan hari itu
  1. Kegiatan Inti
Mengasosiasi (20)
GuruPeserta Didik
–       Memberi contoh percakapan dengan menggunakan ungkapan congratulation and hope dari buku siswa hal. 9-12
–       Memberi pertanyaan tentang fungsi sosial terkait ungkapan yang dipelajari

–       Meminta peserta didik untuk melengkapi dilaoq dengan menggunakan ungkapan yang dipelajari sesuai dengan situasi yang diberikan
–       Menyimak teks percakapan


–       Mengidentifikasi fungsi sosial dari masing masing ungkapan yang terdapat dalam percakapan
–       Melengkapi dialoq dengan menggunakan ungkapan yang benar
Mengomunikasikan (45)
GuruPeserta Didik
–       Meminta siswa menyusun dialoq dengan menggunakan ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang berbeda
–       Meminta siswa untuk melakukan roleplay
–       Menyusun dialoq dengan menggunakan ungkapan yang dipelajari

–       Bermain peran
  1. Kegiatan Penutupan (10 menit)
  • Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  • Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar hari itu
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  1. Mediaalat, Bahan dan Sumber Belajar
  • Video pembelajaran yang mengandung ungkapan Congratulation, hope dan wishes
  • Buku siswa
Bahasa Inggris, Think Globally Act Locally : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
—  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Hal: 1 – 15
–        Buku Guru
Bahasa Inggris, Think Globally Act Locally/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
—  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , 2015. Hal: 50 – 60
  1. Penilaian
Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap
NOAspek yang dinilaiKriteriaSkor
 

1


 

Santun


Sangat sering menunjukan sikap santun5
Sering  menunjukan sikap  percaya diri4
Beberapa kali  menunjukan sikap  percaya diri3
Jarang  menunjukan sikap  percaya diri2
Tidak pernah  menunjukan sikap  percaya diri1
 

2
 

Peduli
Sangat sering menunjukan sikap  peduli5
Sering  menunjukan sikap  peduli4
Beberapa kali  menunjukan sikap  peduli3
Jarang  menunjukan sikap  peduli2
Tidak pernah  menunjukan sikap  peduli1
 

3

 

Percaya diri
Sangat sering menunjukan sikap percaya diri5
Sering  menunjukan sikap  percaya diri4
Beberapa kali  menunjukan sikap  percaya diri3
Jarang  menunjukan sikap  percaya diri2
Tidak pernah  menunjukan sikap  percaya diri1
Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Mengerjakan beberapa soal dari buku siswa hal. 13-14

Rubrik untuk penilaian Keterampilan Berbicara
ASPEKKETERANGANSkor
 

Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudahdipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3
2

1
Tatabahasa·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3
2
1
Kosakata·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2
1


Remedial
Pemberian bimbingan secara khusus (kelompok atau perorangan)
Pengayaan
Secara mandiri peserta didik yang melampaui KKM diberikan pengayaan berupa tes tulis 

sumber : http://www.nurdiono.com/rpp-bahasa-inggris-bab-1-kelas-9-smp-kurikulum-2013.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Jumlah Pengunjung